“Asyiik…puasa bentar lagi!” teriak seorang anak perempuan berusia 6 tahun dengan rambut ikal terurai dihiasi bando hello kitty yang terlihat manis menghiasi rambutnya.
“iya, ya, asyik dong! Nanti aku mau minta di beliin baju baru ah sama mamah aku!” sambung anak lain yang tak berbeda jauh usianya dengan anak berambut ikal tadi
“iya aku juga. Aku mah mau puasa juga ah, kata mamah kalo aku puasa nanti mau dikasih hadiah juga tau!”
“aku juga…!”
Anak-anak yang lucu. Masih terlihat sangat lugu dan apa adanya. Hanya tersenyum mengingat percakapan mereka. Percakapan khas anak kecil yang tak tahu apa-apa kecuali hadiah, main dan jajanan. Tak berbeda jauh denganku saat aku masih kecil dulu.
Ramadhan memang tinggal menghitung hari. Subhanallah walhamdulillah, masih diberi kesehatan oleh Sang Maha Kuasa hingga saat ini. Tak ada persiapan khusus untuk menyambut ramadhan, namun bukan berarti aku tidak antusias menyambut datangnya bulan penuh berkah ini. Banyak hal yang ingin aku kerjakan di bulan penuh berkah ini, khususnya untuk meningkatkan keimanku. Aku list semua hal-hal yang akan aku kerjakan di bulan ramadhan nanti. Aku pun bertekad untuk menambah tilawahku di bulan ramadhan ini. Ya, aku bukan lagi anak kecil yang hanya menginginkan hadiah atau baju baru di penghujung bulan ramadhan, bukan itu! Kini orientasiku berbeda seiring usia bertambah, aku ingin merasakan manisnya iman yang selalu dibicarakan oleh hamba-hamba Allah yang bertakwa itu.
Berkahnya ramadhan tahun ini tak ingin aku lewatkan begitu saja. Aku tak ingi jadi hamba-Nya yang merugi. Aku kembali tersenyum saat mengingat ramadhan saat aku kecil dulu. Aku masih ingat jelas saat aku pernah minum diam-diam di dapur saat aku berpuasa, aku berpura-pura tak terjadi apa-apa saat aku keluar dari dapur. Astaghfirullah. Untunglah itu hanya sekali aku lakukan. Lucu saja memikirkannya bila saat ini saat telah dewasa masih ada yang melakukan hal seperti itu.
Ramadhan ya ramadhan… akan aku perlakukan kau seistimewa mungkin, tak ingin aku lewatkan perjumpaan kita kali ini, karena aku tak tahu tahun depan kita akan bertemu lagi atau tidak. Jadilah sahabat baikku. .