Waktu menunjukkan pukul 15.30 wib saat aku sampai di terminal bus, menunggu teman perempuanku yang meminta ditemani ke sebuah acara. Ditengah penantian, banyak hal yang aku dapat, mulai dari bapak tukang baso yang terlihat lelah mendorong gerobaknya yang masih terisi penuh dengan dagangan, padahal waktu sudah menunjukkan senja pada waktu itu.
Apa yang aku dapat dari tukang baso tadi? Ya, kegigihan yang luar biasa dalam berjihad (benar, jihadnya kepala rumah tangga adalah dengan kegigihannya dalam mencari nafkah). Tak habis pikir aku saat itu, seusia beliau yang aku yakin tak muda lagi,  itu terbukti dari kullitnya yang sudah mulai menyusut dan berwarna hitam legam karena sering terbakar sinar matahari, masih begitu semangat berjuang untuk keluarganya tanpa mengeluh. Ah, jadi malu diri yang masih muda ini pun terlalu banyak mengeluh dalam hidup.
Padahal bila dipikir, apa yang harus dikeluhkan lagi, dengan fasilitas dan kenikmatan-kenikmatan yang diberikan Allah untuk kita melalui kasih sayang orang tua kita. Masihkah sanggup kita berpikir bahwa malangnya hidup kita saat ini?? Begitu kufur nikmatnya kita. Astagfirullah.
Tak sampai disitu, kenyataan lain yang aku temui adalah perjuangan yang dilakukan seorang anak untuk menyambung hidupnya. Bila dilihat dari perawakannya, aku yakin dia masih berumur 7 atau 8 tahun. Masyaallah, seusia itu sudah merasakan susahnya hidup dan harus berjuang demi sesuatu yang ia inginkan. Jangankan menginginkan jalan-jalan ke wahana permainan super megah, atau makan di restourant ternama, bermimpi membeli pakaian baru pun mereka tak berani, mengapa? Karena itu hanya sia-sia dan jadi harapan dalam onggokan cerita hidupnya.
Lalu apa yang sekarang bisa kita lakukan?? Mengeluarkan uang bermilyar-milyar untuk memfasilitasi kehidupan mereka?? Apakah kita punya cukup dana sebanyak itu?? Atau mencuri uang para pejabat untuk kemudian dibagikan kepada kaum papa seperti yang dilakukan si Pitung??
Tak perlu bersusah payah melakukan hal itu, untuk saat ini yang bisa kita lakukan adalah bersyukur. Ya, bersyukur dengan apa yang kita dapatkan saat ini.