“Hmm..”  bergumam di sudut paling belakang tempat duduk bus eksekutif yang membawaku kembali ke temat dimana aku menuntut ilmu, Bandung.
 Hari itu aku, bersama keempat temanku (dua akhwat dan dua ikhwan) baru saja selesai mengikuti agenda tahunan nasional, induk organisasi yang aku ikuti di kampus. Agenda itu mempertemukan kami dengan berbagai mahasiswa di nusantara, subahanallah. Maha Suci Allah yang telah berbaik hati memilihku untuk menjadi salah satu orang yang beruntung itu.
Ya, beruntung, karena agenda itu benar-benar agenda yang membantu terbentuknya para ekonom rabbani.(aamiin..^_^). Agenda olimpiade ekonomi islam nasional. Bila dilihat dari kemampuanku, sungguh jauh dibawah teman-teman yang aku temui di agenda itu, jangankan di agenda itu, di antara anggota organisasi yang aku ikuti pun, aku rasa dibawah mereka. Tapi itulah kuasa Allah, dengan Kemaha Baikkannya, akulah yang Dia pilih (Alhamdulillah Wasyukurillah).
Agenda itu diadakan selama empat hari, dan untuk tahun ini, Solo lah yang terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara, tepatnya di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Antusias aku mengikuti semua agenda. Walau pada akhirnya kami masih belum diberi kepercayaan oleh Allah untuk menjadi juara nya. Itulah yang terbaik, mengingat persiapan yang kurang, jauh terlambat persiapan dibanding teman-teman yang lain yang telah mempersiapkan jauh-jauh hari, Allah memang Maha Adil, tidak pernah mau mengecewakan hamba-Nya yang berusaha. (eits,, bukan berarti kami tidak beruasaha yaa…)
Solo memang menawan, dengan budaya yang masih terpelihara dengan baik, tata krama orang-orangnya, dan pastinya kuliner yang tak kalah hebat dengan harga yang bersahabat. Hee.. baru kali itu aku merasakan enaknya nasi kucing.(telaat sih sebenarnya, wong yang lain udah pada ngerasain…hiks). Tapi tak apalah, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali..#apaa
Hikmah yang aku dapat dari agenda ini tentunya banyak sekali. Pengalaman udah pasti, ilmu apalagi, link gak kalah deh. Dan yang paling membuatku tersenyum apabila mengingat agenda itu adalah saat kita semua (dari sabang sampai merauke…#hiperbola) menyanyikan lagu kebangsaan induk organisasi, `Ekonom Rabbani` dari Izzatul Islam. Wah berasa pejuang beneran..
Agenda demi agenda aku lalui dengan kesenangan, hingga akhirnya hari terakhir pun tiba, dengan agenda field trip. Dimulai dari jalan di CFD (Card Free Day) Solo, keliling muter Keraton Solo, sampe di rute terakhir ke Pasar Klewer. Mm..rada trauma kalau inget di Pasar Klewer, punten yaa teteh sayang…J(secret…heeu)
Setelah agenda terakhir itu, kami pulang ke perantauan kami masing-masing. Dan inilah aku saat ini, duduk manis di bangku bus paling belakang yang tempatnya berdekatan dengan WC. Tapi Alhamdulillah tidak bau sama sekali.

 
  @CFD, Solo-field trip


Subuh, pukul 05.20 WIB, aku tiba di kosan tercinta, rehat sejenak, shalat, dan bersiap menghadapi UTS pukul 07.00 WIB. Subhanallah Walhamdulillah..
Semoga menjadi awal menggapai cita…. Especially for my lovely parents, mom and dad, I do Love U very much…