Alhamdulillah, itulah ucapan syukur pertama yang aku ucapkan. Ya, menurutku, itulah ucapan syukur yang paling pantas untuk moment-moment menegangkan yang hamper 2 minggu aku lewati. Itulah UAS pertmaku disemester awal aku kuliah. Tegang memang awalnya, namun setelah dilalui ternyata tak jauh berbeda dengan masa-masa SMA dulu. 

Aku sudah berusaha semaksimal mungkin untuk UAS ini. Namun, pada akhirnya aku tetap menyerahkan semuanya pada Allah swt, Tuhan Yang Maha Kuasa dalam segala hal.
Aku yakin Allah tahu yang terbaik untuk ummat-Nya. Apapun hasilnya nanati, akan aku terima dengan keridhoan dan kuanggap sebagai hasil dari usahaku selama ini.

Yang paling penting dalam sebuah usha adalah proses yang kita lalui. Untuk itu, sangat urgen hukumnya kita bersungguh-sungguh dalam menjalankan apa yang ada digenggaman kita, tak peduli itu Sesuatu yang luar biasa atau sesuatu yang biasa sekalipun, karena itu menentukan hasilnya dan secara tidak langsung melatih kedisiplinan kita dalam melakukan segala hal. Hingga akhirnya bila sesuatu yang kita inginkan tak kita dapatkan, setidaknya manfaat dari sebuah proses yang kita lalui telah kitad daptkan. Dan itu pasti berbeda pada setiap individu.